Resep Sambal: Nikmatnya Pedasnya Indonesia

Diposting pada

Sambal: Makanan Wajib di Setiap Rumah Indonesia

Sambal, si pedas yang tak pernah absen di setiap hidangan Indonesia. Mulai dari nasi goreng, ayam goreng, hingga bakso, sambal selalu menjadi pelengkap yang membuat hidangan semakin nikmat. Dengan berbagai jenis sambal yang ada, setiap orang memiliki selera tersendiri dalam menikmati pedasnya sambal.

Resep Sambal Terasi

Sambal terasi merupakan salah satu jenis sambal yang paling populer di Indonesia. Bahan utama untuk membuat sambal terasi adalah cabai, terasi, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai, terasi, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal terasi siap dinikmati.

Resep Sambal Matah Bali

Sambal matah merupakan sambal khas Bali yang terkenal akan segarnya rasa. Bahan utama untuk membuat sambal matah adalah bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jeruk nipis, dan daun jeruk. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dan menumisnya hingga harum. Sambal matah siap disajikan sebagai pelengkap hidangan.

Resep Sambal Tumpang

Sambal tumpang merupakan sambal khas Jawa Timur yang terkenal dengan kepedasannya. Bahan utama untuk membuat sambal tumpang adalah cabai merah, cabai rawit, tomat, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dan menguleknya hingga halus. Sambal tumpang siap disajikan sebagai pelengkap hidangan.

Resep Sambal Bawang

Sambal bawang merupakan sambal yang terbuat dari bawang merah, cabai merah, garam, dan minyak goreng. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan bawang merah, cabai merah, dan garam dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut dengan minyak goreng hingga matang dan sambal bawang siap dinikmati.

Baca Juga  Username IG Aesthetic Girl

Resep Sambal Kecap

Sambal kecap merupakan sambal yang terbuat dari cabai, bawang putih, kecap manis, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai, bawang putih, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tambahkan kecap manis dan aduk rata. Sambal kecap siap disajikan sebagai pelengkap hidangan.

Resep Sambal Tomat

Sambal tomat merupakan sambal yang terbuat dari cabai merah, tomat, bawang putih, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai merah, tomat, bawang putih, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal tomat siap dinikmati.

Resep Sambal Mangga

Sambal mangga merupakan sambal yang segar dan asam karena menggunakan buah mangga sebagai bahan utamanya. Selain itu, sambal mangga juga terbuat dari cabai rawit, bawang putih, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan dan menguleknya hingga halus. Sambal mangga siap disajikan sebagai pelengkap hidangan.

Resep Sambal Hijau

Sambal hijau merupakan sambal yang terbuat dari cabai hijau, cabai merah, bawang putih, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai hijau, cabai merah, bawang putih, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal hijau siap dinikmati.

Resep Sambal Rujak

Sambal rujak merupakan sambal yang terbuat dari cabai rawit, gula merah, tamarind, garam, dan air. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai rawit, gula merah, tamarind, garam, dan air dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, sambal rujak siap disajikan sebagai pelengkap hidangan.

Resep Sambal Goreng

Sambal goreng merupakan sambal yang terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal goreng siap dinikmati.

Resep Sambal Petis

Sambal petis merupakan sambal yang terbuat dari cabai merah, petis, bawang putih, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai merah, petis, bawang putih, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal petis siap dinikmati.

Baca Juga  iPhone Tidak Bisa di Charge

Resep Sambal Bajak

Sambal bajak merupakan sambal yang terbuat dari cabai merah, cabai rawit, bawang putih, terasi, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, terasi, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal bajak siap dinikmati.

Resep Sambal Kecap Manis

Sambal kecap manis merupakan sambal yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, kecap manis, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai merah, bawang putih, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tambahkan kecap manis dan aduk rata. Sambal kecap manis siap disajikan sebagai pelengkap hidangan.

Resep Sambal Bakar

Sambal bakar merupakan sambal yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai merah, bawang putih, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal bakar siap dinikmati.

Resep Sambal Jeruk

Sambal jeruk merupakan sambal yang terbuat dari cabai merah, jeruk nipis, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai merah, jeruk nipis, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, sambal jeruk siap disajikan sebagai pelengkap hidangan.

Resep Sambal Jengkol

Sambal jengkol merupakan sambal yang terbuat dari jengkol, cabai rawit, bawang putih, terasi, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan jengkol, cabai rawit, bawang putih, terasi, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal jengkol siap dinikmati.

Resep Sambal Ijo

Sambal ijo merupakan sambal yang terbuat dari cabai ijo, cabai merah, bawang putih, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai ijo, cabai merah, bawang putih, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal ijo siap dinikmati.

Baca Juga  Cara Ganti Nomor Akulaku

Resep Sambal Kencur

Sambal kencur merupakan sambal yang terbuat dari kencur, cabai merah, bawang putih, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan kencur, cabai merah, bawang putih, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal kencur siap dinikmati.

Resep Sambal Merah

Sambal merah merupakan sambal yang terbuat dari cabai merah besar, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai merah besar, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal merah siap dinikmati.

Resep Sambal Terasi Hijau

Sambal terasi hijau merupakan sambal yang terbuat dari cabai hijau besar, cabai hijau keriting, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cabai hijau besar, cabai hijau keriting, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal terasi hijau siap dinikmati.

Resep Sambal Krecek

Sambal krecek merupakan sambal yang terbuat dari krecek, cabai merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan krecek, cabai merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal krecek siap dinikmati.

Resep Sambal Petai

Sambal petai merupakan sambal yang terbuat dari petai, cabai merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan petai, cabai merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah halus, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan sambal petai siap dinikmati.

Resep Sambal Tempe

Sambal tempe merupakan sambal yang terbuat dari tempe, cabai merah, bawang putih, terasi, garam