Tata Cara Sholat Istikharah

Diposting pada

Apa itu Sholat Istikharah?

Sholat Istikharah adalah salah satu doa yang dilakukan oleh umat Muslim ketika akan mengambil keputusan penting dalam kehidupan. Sholat ini dilakukan untuk meminta petunjuk dan keberkahan dari Allah SWT agar kita dapat memilih jalan yang terbaik.

Kapan Sebaiknya Melakukan Sholat Istikharah?

Sholat Istikharah sebaiknya dilakukan ketika kita sedang dalam kebimbangan atau ketika akan mengambil keputusan penting. Misalnya ketika akan memilih jodoh, memilih pekerjaan, atau memilih jalan hidup.

Langkah-Langkah Melakukan Sholat Istikharah

1. Niatkan dalam hati untuk melakukan sholat istikharah dengan tulus ikhlas karena Allah SWT.2. Lakukan wudhu sesuai dengan tata cara yang benar.3. Sujudlah dua rakaat di waktu malam tanpa diikuti salam.4. Pada rakaat pertama, setelah membaca Al-Fatihah, bacalah Surah Al-Kafirun.5. Pada rakaat kedua, setelah membaca Al-Fatihah, bacalah Surah Al-Ikhlas.6. Setelah selesai sholat, bacalah doa istikharah dengan tulus ikhlas dan pasrah kepada Allah SWT.

Doa Istikharah

“Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku, baikkanlah aku padanya dan berikanlah keberkahan padaku. Dan jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini buruk bagiku, jauhkanlah aku darinya dan jauhkanlah aku darinya. Dan berilah aku kebaikan yang ada di sana (jika itu baik bagiku) dan jauhkanlah dariku keburukannya (jika itu buruk bagiku).”

Kesimpulan

Sholat Istikharah adalah salah satu cara untuk meminta petunjuk dari Allah SWT ketika akan mengambil keputusan penting dalam hidup. Dengan melaksanakan sholat istikharah dengan benar dan tulus ikhlas, kita dapat memperoleh keberkahan dan petunjuk dari-Nya. Semoga dengan sholat istikharah, kita dapat memilih jalan hidup yang terbaik dan mendapatkan keberkahan dalam segala hal.