Cara Melihat Spesifikasi Komputer dengan Mudah

Diposting pada

Apa itu Spek Komputer?

Sebelum kita membahas cara melihat spesifikasi komputer, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu spek komputer. Spek komputer merupakan singkatan dari spesifikasi komputer, yang merupakan informasi mengenai komponen-komponen hardware yang terdapat dalam sebuah komputer.

Cara Melihat Spek Komputer di Windows

Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melihat spesifikasi komputer. Salah satunya adalah dengan membuka “System Information” yang dapat diakses melalui “Control Panel”. Di dalam “System Information”, kamu dapat melihat informasi mengenai prosesor, RAM, dan kartu grafis yang digunakan.

Melalui Device Manager

Selain melalui “System Information”, kamu juga dapat melihat spesifikasi komputer melalui “Device Manager”. Caranya cukup mudah, cukup buka “Device Manager” melalui “Control Panel” atau dengan menekan tombol Windows + X. Di dalam “Device Manager”, kamu bisa melihat informasi mengenai hardware yang terpasang di komputer.

Cara Melihat Spek Komputer di MacOS

Bagi pengguna Mac, kamu juga dapat dengan mudah melihat spesifikasi komputer. Cukup buka “About This Mac” di bagian kiri atas layar, dan kamu akan melihat informasi mengenai model komputer, prosesor, RAM, dan penyimpanan yang digunakan.

Melalui Terminal

Jika kamu ingin melihat informasi yang lebih detail mengenai spesifikasi komputer, kamu juga bisa menggunakan “Terminal”. Cukup buka “Terminal” dan ketik perintah “system_profiler SPHardwareDataType” untuk melihat informasi mengenai hardware yang terpasang di Mac kamu.

Baca Juga  cara menghapus mutasi di brimo

Cara Melihat Spek Komputer di Linux

Untuk pengguna Linux, kamu juga bisa dengan mudah melihat spesifikasi komputer. Cukup buka “System Monitor” atau “Settings” dan pilih “Details”. Di sana, kamu akan melihat informasi mengenai prosesor, RAM, dan penyimpanan yang digunakan.

Melalui Terminal

Sama seperti di Mac, kamu juga bisa menggunakan “Terminal” di Linux untuk melihat informasi yang lebih detail mengenai spesifikasi komputer. Cukup buka “Terminal” dan ketik perintah “lscpu” atau “lshw” untuk melihat informasi hardware yang terpasang di komputer kamu.

Kesimpulan

Dengan mengetahui cara melihat spesifikasi komputer, kamu akan lebih mudah untuk melakukan upgrade atau perbaikan pada komputer kamu. Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara-cara di atas untuk melihat spek komputer kamu!